Press "Enter" to skip to content

Pengertian dan Fungsi Syringe Pump

Pengertian dan Fungsi Syringe Pump –  Mungkin asing di telinga anda ketika anda mendengar istilah Syringe Pump. Istilah dalam bahasa asing ini memang bukan istilah yang familiar dan digunakan sehari – hari. Istilah ini ada kaitannya dengan ilmu kedokteran atau kesehatan. Apa pengertian syringe pump sebenarnya ? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

pengertian dan fungsi syringe pump

Pengertian Syringe Pump

Syringe Pump merupakan salah satu jenis alat kesehatan yang digunakan di Klinik atau di Rumah Sakit. Syringe Pump berfungsi untuk membantu mengontrol pemberian obat ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Laju aliran, jumlah volume tiap jam dan total volume diatur dengan menggunakan alat syringe pump ini. Pada dasarnya, syringe pump digunakan bersamaan dengan alat suntik biasa.

Cara Kerja dan Fungsi Syringe Pump

Uraian pengertian syringe pump diatas mungkin masih kurang jelas bagi anda untuk memahami apa itu syringe pump. Disini akan saya coba jelaskan secara singkat mengenai cara kerja alat ini. Alat suntik digunakan untuk memasukkan cairan obat ke dalam tubuh pasien, terkadang pasien tertentu membutuhkan suntikan obat dalam dosis tertentu (kecil) yang dilakukan secara continue dalam jangka waktu tertentu. Apabila ini dilakukan dengan menggunakan alat suntik manual, akan tidak efektif dan sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu dalam hal ini, dibutuhkan alat syringe pump.

Syringe Pump terdiri dari bagian mekanik dan bagian elektronik dengan sistem mikrokomputer. Alat ini dapat menggerakkan alat suntik manual sedemikian rupa sehingga bergerak dengan laju aliran tertentu dalam jumlah tertentu dan dengan waktu tertentu. Dengan demikian pemberian obat seperti situasi diatas dapat terlaksana dengan baik.

Dimana Tempat Jual Syringe Pump ?

Bagi orang awam seperti kita, mungkin tidak membutuhkan informasi ini. Bahkan kita tidak pernah berfikir untuk tau lebih jauh apa itu syringe pump. Namun untuk anda yang kebetulan berkecimpung dalam bidang kesehatan khususnya Rumah Sakit atau Klinik. Informasi tempat Jual Syringe Pump mungkin anda butuhkan. Untuk mendapatkan syringe pump anda bisa membelinya di toko alat kesehatan atau distributor alat kesehatan seperti Glorya Medica.

Kalibrasi Syringe Pump

Ada satu lagi yang penting untuk disampaikan mengenai alat Pengertian dan Fungsi Syringe Pump ini. Sebelum digunakan, alat Syringe Pump harus dikalibrasi untuk menyesuaikan sistem yang ada di dalam alat dengan volume real yang ada pada syringe manualnya. Pada umumnya alat syringe Pump compatible dengan ukuran 10 ml, 20 ml hingga 50 ml.

Mungkin sampai sini saja dulu informasi yang dapat saya sampaikan terkait alat Syringe Pump ini. Saya yakin artikel ini masih sangat kurang sekali untuk menjelaskan seluruh hal – hal penting tentang syringe pump. Namun saya berharap, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.