Press "Enter" to skip to content

Waspadai Asam Urat Tinggi

Tingkat asam urat tinggi, atau hyperuricemia, adalah kelebihan asam urat dalam darah Anda. Asam urat diproduksi selama pemecahan purin, yang ditemukan dalam makanan tertentu dan juga dibentuk oleh tubuh Anda.

Setelah diproduksi, asam urat dibawa dalam darah Anda dan melewati ginjal Anda, di mana sebagian besar disaring ke dalam urin.

Waspadai Asam Urat Tinggi

Sekitar satu dari lima orang memiliki kadar asam urat yang tinggi. Ini mungkin terkait dengan serangan gout atau pengembangan batu ginjal. Tapi kebanyakan orang dengan kadar asam urat tinggi tidak memiliki gejala atau masalah terkait.

Kebanyakan tingkat asam urat tinggi terjadi ketika ginjal tidak menghilangkan masalah asam urat secara efisien. Hal-hal yang dapat menyebabkan ini lambat  dalam penghapusan asam urat termasuk makanan yang tidak sehat, kelebihan berat badan, memiliki diabetes, mengambil diuretik tertentu (kadang-kadang disebut pil air) dan terlalu banyak minum alkohol. Penyebab kurang umum lainnya adalah diet tinggi item purin yang mengandung atau tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tingkat asam urat tinggi dalam darah Anda meliputi:

  • Obat diuretik (pil air)
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Genetika (mewarisi kecenderungan)
  • Hypothyroidism (tiroid kurang aktif)
  • Penekan kekebalan obat
  • Niacin, atau vitamin B-3
  • Kegemukan
  • Psorias

Makanan yang menjadi penyebab tingginya kadar asam urat Anda :

Daging kaleng, teri, sarden, saus, kacang polong, jamur, dan makanan lainnya

insufisiensi ginjal – ketidakmampuan ginjal untuk menyaring limbah

lisis sindrom tumor – rilis cepat sel-sel ke dalam darah yang disebabkan oleh kanker tertentu atau dengan kemoterapi bagi mereka kanker

Anda juga dapat dipantau untuk tingkat asam urat tinggi ketika menjalani kemoterapi atau radiasi pengobatan untuk kanker. Kondisi tingkat asam urat tinggi bukanlah penyakit atau kondisi yang tentu perlu dirawat atau mencari tanpa adanya gejala lainnya. Tapi jika Anda memiliki serangan gout atau memiliki jenis tertentu dari batu ginjal, dokter Anda dapat memeriksa kadar tinggi asam urat.

Jika Anda khawatir bahwa salah satu obat asam urat Anda dapat menyebabkan kadar asam urat akan semakin tinggi, segeralah berbicara dengan dokter Anda.

By: Joni

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.