Press "Enter" to skip to content

Penyebab dan Bahaya Ledakan Vaporizer Bagi Tubuh

Penyebab Vaporizer (Rokok Elektrik) Meledak – Vaporizer atau yang lebih dikenal dengan vapor merupakan jenis alat elektronik pengganti rokok konvensional yang mulai populer di tahun 2014. Para pengguna vaporizer mengklain bahwa penggunaan vapor dapat mengurangi sifat konsumtif dari penggunaan rokok biasa. Sama seperti alat elektronik lainnya, vaporizer menggunakan tenaga baterai untuk menciptakan energi panas yang nantinya akan memanaskan liquid hingga berubah menjadi asap. Dalam penggunaanya alat ini terkesan sangat mudah digunakan, Namun dibalik penggunaan yang mudah vaporizer juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan memiliki resiko untuk keselamatan. Tidak jarang ditemui vaporizer meledak pada saat digunakan. Terdapat banyak sekali Penyebab vaporizer meledak entah itu dari segi user (vaper) maupun dari segi device itu sendiri.

Penyebab Vapor meledak
Penyebab Vaporizer Meledak

Untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab vaporizer meledak dan bahayanya bagi kesehatan maupun keselamatan maka simaklah artikel dibawah ini:

Kurangnya pengetahuan user

Kebanyakan kasus vaporizer meledak disebabkan oleh kesalahan dari pengguna vapor itu sendiri. Mereka cenderung terburu-buru dalam mencoba devicenya hingga lupa membaca buku petunjuk (manual guide). Pada dasarnya setiap pembelian satu device alat ini sudah dibekali dengan buku petunjuk manual untuk diikuti. Jika anda seorang pemula maka tidak ada salahnya untuk mengikuti manual guide ini.

Baterai yang bocor

Terkadang arus baterai yang berfungsi sebagai sumber tenaga tidak kompatibel atau sesuai dengan resistensi coil sehingga menyebabkan baterai bocor. Jika baterai bocor ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan vapor meledak dan melukai wajah anda.

Vaping bersamaan dengan charging

Sama seperti alat elektronik lainnya vaporizer menggunakan baterai sebagai sumber tenaga penyimpan arus listrik. Jika proses charging dilakukan berbarengan dengan vaping dapat menyebabkan peningkatan suhu pada area baterai. Jika vaporizer meledak pada saat anda melakukan vaping dapat dibayangkan bukan dampak dan bahaya seperti apa yang akan kita dapat dari efek ledakan?

Device Rakitan (DIY)

Do it youself, mungkin terdengar keren karena kita dapat merakit vaporizer kita sendiri. Namun aktivitas ini sebenarnya sangatlah berbahaya jika kita tidak memiliki pengetahuan lebih tentang vaporizer. Jika salah dalam perakitan atau salah perhitungan ohmnya dapat menyebabkan konsleting atau mengakibatkan baterai bocor. Jika baterai bocor maka ion yang terdapat dalam baterai akan keluar dan dapat menjadi penyebab vaporizer meledak.

Itulah beberapa contoh penyebab vaporizer meledak yang dapat saya sampaikan. Terimakasih.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *