Press "Enter" to skip to content

Bersantai Menikmati Indahnya Alam Pedesaan di Candi Plaosan

Jika Andi ingin bersantai dengan mamandangi keindahan candi yang berada tengah-tengah hamparan persawahan, Candi Plaosan bisa menjadi pilihan bagi Anda disaat liburan. Candi ini berada tidak jauh dari Prambanan, sekitar 1 kilometer utara dari Komplek Candi Prambanan. Tepatnya berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Berbeda dengan Candi Prambanan yang selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara, candi ini relatif lebih sepi dan tenang. Oleh kerena itu Candi Plaosan menjadi pilihan utama bagi wiatawan yang mencari alternatif wisata candi yang tidak ramai.  Selain itu tiket masuk candi ini juga sangat murah yaitu Rp. 5000,- dengan harga tiket semurah itu wisatawan dapat menikmati komplek candi yang tenang, damai dan juga hijau. Walau tidak sepopuler dan sebesar candi Prambanan, Candi Plaosan tetap menarik minat para wisatawan bahkan banyak wisatawan yang datang dari luar negeri yang mampir ke candi ini. Untuk mengunjungi candi palosn dan wisata yang lain di Jogja kami menyediakan paket tour Jogja dengan berbagai pilihan paket yang ada.

Candi Plaosan merupakan Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-9 Rakai Pikatan pada jaman Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Seberanya candi ini tediri dari 2 bagian yaitu Candi Plaosan Lor (utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan) namun yang populer dikunjungi oleh wisatawan adalah Candi Plaosan Lor. Di komplek ini terdapat 2 candi utama yang malambangkan sepasang manusia yaitu perempuan dan laki-laki.

Candi induk sebelah utara melambangkan perempuan karena terdapat ukiran atau relief yang mengambarkan tokoh-tokoh wanita. Seangkan candi induk selatan relifnya mengambarkan tokoh-tokoh pria. Masing-masing candi induk terdapa 6 patung/arca Dhyani Boddhisatwa. Walaupun candi ini adalah candi Buddha, tetapi gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu.

Selain itu terdapat pula selasar yang berisikan beberapa arca Buddha yang kondisinya mayoritas telah rusak dan hilang di bagian utara candi. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan. Beberapa candi perwara kondisinya masih bagus sedangak sebagian lagi sudah rusak parah sehingga sulit untuk dibangun ulang. Dengan segala keunikannya tidak salah jika Candi Plaosan menjadi objek wisata alternatif bagi para wisatawan lokal maupun internasional.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *