Press "Enter" to skip to content

Gaya Pidato Ekstemporan

Pidato diteliti dan disusun terlebih dahulu . Umumnya , uraian hanya terdiri atas 25-30 % dari total kata-kata yang akan dibawakan dalam pidato biasanya struktur uraian kalimat penuh dipakai, dengan pendahuluan , isi,dan kesimpulan . Uraian ini adalah kerangka pidato dan isi dari pembicaraan ; 70-75% yang lain dari kata-kata tidak ditentukan persisnya sampai pembicara membawakan pidato . Kamus Lengkap .

Latihan adalah syarat lain untuk pidato ekstemporan . Begitu sudah diiriset dan disusun . Pembicara bisa melatih pidatonya ,pertama dengan uraian dan kemudian hanya degan kartu-kartu catatan . Banyak pembicara ekstemporan menyajikan seluruh pidato mereka hanya dari satu atau dua kartu catatan berukuran 4 x 6 inch berisi susunan inti kata-kata kunci yang singkat. Pidato harus dilihat setidaknya lima atau tujuh kali secara keseluruhannya . Terlalu sedikit latihan akan menyebabkan kurang dikuasainya poin-poin utama pidato dan aliran umum pidato . Terlalu banyak latihan meningkatkan probabilitas pidato itu terlihat seperti dihafalkan . Kamus Indonesia Inggris .

Anda perlu keseimbangan antara dua extreme latihan . Seimbangkanlah latihan pidato anda , seperti juga dalam kehidupan sehari hari. Kalau pidato sudah disiapkan dan dilatih dengan baik , maka pembicara siap untuk menyampaikan pidato secara maksimal. Keuntungan utama gaya ekstemporan ini adalah pembicara dapat mengorganisir dan mengetahui poin poin apa saja yang perlu ditambahkan, lebih seperti metode pidato dengan naskah dan menghafalkan , tapi tanpa kehilangan kesan natural dan tanpa ancaman lupa satu dari ratusan kata yang ada dalam pidato selain itu , pembicara mempunyai spontanitas pidato mendadak , tanpa menambahkan beban karena telah memiliki gagasan pidato selama berdiri di depan audiensi . Gaya pidato ekstemporan adalah gaya yang kemungkinan besar paling ingin anda pakai dalam kelas berbicara di depan umum anda .

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *