Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Mengetahui Tanda – Tanda Kehamilan 1 Minggu

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengetahui tanda – tanda kehamilan 1 minggu, yang biasanya dirasakan oleh para wanita yang sedang hamil, baik secara fisik maupun emosional atau dengan tindakan secara medis. Secara umum banyak para wanita yang belum bisa membedakan pertanda sedang hamil dengan hal-hal lain, seperti apakah terlambat datang bulan berarti hamil, sampai-sampai bisa terjadi kekeliruan mengartikan sebuah gejala atau sebuah pertanda itu sebagai kehamilan atau bukan.

Membedakan tanda-tanda kehamilan dengan pertanda yang lainnya, sebenarnya tidak begitu sulit, yang sering membuat bingung adalah tidak adanya tanda-tanda kehamilan yang pasti. Menentukan sebuah kehamilan bisa di lihat dari beberapa pertanda, semakin banyak dan sering sebuah pertanda, maka kemungkinan hamil semakin besar. Supaya tidak terjadi kebingungan dan keraguan bagaimana tanda-tanda kehamilan 1 minggu,kali ini kami akan membahasnya baik secara medis maupun non medis.

Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu Secara Non Medis

Selain menggunakan alat alat medis, banyak masyarakat yang biasanya sering menafsirkan beberapa gejala asebagai tanda-tanda kehamilan. Pertanda yang umum dan sering terjadi seperti muntah, mual, datang bulan terlambat . Tetapi untuk mengetahui seseorang itu hamil atau tidak, tidak cukup dengan hal tersebut, wanita yang muntah, mual, datang bulan terlambat belum bisa di pastikan sedang hamil atau tidak, bisa jadi hal tersebut di karenakan hal lain seperti sedang masuk angin. Agar lebih dapat memastikan seorang wanita itu hamil atau tidak, berikut ini adalah beberapa gejala non medis bagi wanita yang sedang mengandung antara lain :

  • Lebih mudah capek atau lelah

Salah satu tanda-tanda kehamilan yang paling sering di alami oleh wanita, biasanya dengan fisik semakin lemah dari biasanya, aktivitas yang ringan saja bisa membuat rasa lelah pada wanita hamil. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron, yang di mana hormon ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin dan kesehatannya. Tetapi hormon tersebut memiliki efek memperlambat sistem metabolisme tubuh, selain memperlambat, hormon tersebut juga bisa menyebabkan anemia yang bisa membuat tubuh menjadi lelah dan cepat lemas.

  • Berkurangnya Nafsu Makan

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang kedua adalah berkurangnya nafsu makan. Bahkan makan yang sebelumnya menjadi favoritnya tidak di makannya, di lihat saja dia tidak mau. Para wanita yang sedang hamil beralasan bahwa rasa mual tersebut mengurangi nafsu makan, selain itu adanya perubahan hormon juga sangat mempengaruhi nafsu makan di awal kehamilan, dan untuk para suami jangan kuatir, hal tersebut memang wajar di alami para wanita yang sedang hamil.

  • Ingin Makan Yang Tertentu Saja

Hal ini lebih kita kenal dengan sebutan ‘ngidam’ , yaitu keinginan makan-makanan tertentu dan harus ada, terutama makan yang mengandung energi dan kalsium seperti susu. Ada waktunya para wanita hamil ingin makan yang tidak biasa di konsumsinya, seperti dia tidak suka dengan buah mangga, tapi tiba tiba dia minta dibelikan buah mangga, tetapi ada yang lebih ekstrim lagi ngidamnya.

  • Lebih Peka Terhadap Bau

Tanda-tanda kehamilan yang berikutnya adalah lebih sensitifnya indera penciumannya. Terkadang jika bau tersebut lebih menyengat akan menyebabkan rasa mual yang bisa membuat muntah, meskipun aroma yang diciumnya beraroma harum seperti parfum, pewangi baju tetapi tetap saja mengganggu penciumannya. Dan untuk suami yang perokok sebaiknya untuk sementara waktu berhenti karena bau asap rokok juga mengganggunya.

  • Morning Sickness

Seperti yang kami bahas sebelumnya bahwa salah satu gejala wanita hamil adalah mual dan muntah yang sering terjadi pada pagi hari, hal ini juga disebut dengan Morning Sickness. Hal ini sangat lumrah bagi wanita yang sedang hamil terutama pada awal kehamilan. Memang kondisi ini sangat menyebalkan karena tidak terjadi di pagi hari saja, namun bisa kapan saja dan di mana saja. Cara untuk mengurangi rasa mual dengan mengkonsumsi berberapa jenis buah yang baik untuk wanita hamil dan selalu sediakan minyak kayu putih.

  • Lebih Sering Pipis

Hal ini terjadi karena efisiensi ginjal dan juga adanya pertumbuhan uterus/rahim yang akan memberikan dorongan kepada kantong kemih, hal ini yang menyebabkan wanita sering sekali buang air kecil. Bahkan yang lebih parah kita tidak bisa menahan rasa untuk buang air kecil, selain ada dorongan pada kantong kemih, faktor peningkatan jumlah cairan pada tubuh juga turut mempengaruhinya. Anda akan sering bolak balik ke kamar mandi terumata ketika malam hari saat kita mau tidur.

  • Perubahan Bentuk Badan

Wanita hamil akan mengalami perubahan secara fisik sebagai tanda-tanda kehamilan 1 minggu. Di awal kehamilan akan ada perubahan bentuk beberapa anggota tubuh seperti perut semakin buncit, payudara membesar dan lebih sensitif dan juga ukuran tubuh terlihat lebih besar. Bahkan ada beberapa wanita yang tidak mengetahui dirinya hamil malah melakukan diet karena mengira badannya menjadi gemuk. Jika lebih teliti lagi ada perubahan fisik yang bisa di ketahui dengan tindakan medis seperti organ kewanitaan dan tekstur mulut rahim akan berubah warnanya.

  • Mengalami Kram Perut

Rasa kram bisa datang di awal kehamilan karena terjadinya implantasi janin ke dinding rahim yang terus terjadi selama proses kehamilan tetap berlangsung. Jika anda mengalami kram perut patut anda curiga jika anda sedang hamil.

  • Perubahan Payudara

Untuk hal ini mudah untuk di lihat apa ada perubahan atau tidak bagi pasangan kalian. Wanita yang hamil akan lebih sensitif jika payudaranya di sentuh termasuk branya sendiri, rasa tidak nyaman akan di ikuti dengan perubahan ukuran payudara, dan juga wanita hamil akan mengalami rasa gatal di sekitar payudaranya.

  • Datang Bulan Terlambat

Pertanda ini mungkin yang paling mudah di ketahui bagi wanita tersebut. Ketika sel-sel telur sudah dibuahi maka tidak akan mungkin di keluarkan oleh tubuh(menstruasi), dan ovarium tidak lagi untuk memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Meskipun demikian belum tentu telat datng bulan bisa di katakan hamil, masih ada penyebab lainnya selain kehamilan.

Mengetahui Kehamilan Melalui Medis

Selain untuk mengetahui kehamilan secara non medis, ada juga beberapa cara untuk mengetahui kehamilan melalui medis yang biasanya lebih akurat dan meyakinkan.

Cara pertama bisa menggunakan tes kehamilan atau juga di sebut dengan test pack. Alat ini mudah untuk di gunakan dan bisa di dapatkan di apotek terdekat, cara pemeriksaannya juga mudah dengan menggunakan air seni/tes urin. Jika anda ingin menggunakan alat ini, sebaiknya anda mengambil urine saat pagi hari, lalu di lihat tanda yang berupa garis yang tertera dalam alat tersebut. Jika dua tanda berarti anda positif hamil, jika satu garis maka berarti sebaliknya.

Setelah anda membaca artikel tersebut, apakah anda memiliki gejala yang sama seperti yang kami berikan? Jika iya coba anda untuk memeriksanya di dokter agar hasilnya lebih akurat dan menyakinkan. Selamat anda akan kedatangan keluarga baru, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para wanita hamil.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.