Press "Enter" to skip to content

Cara Nikmat Minum Kopi Arabika

Jual Coffee-Anda mengaku bahwa anda pencinta kopi? Sudah pernah mencoba kopi arabika? Kenapa bisa di namai arabika? Sejak kapan kopi tersebut di temukan? Anda sudah tahu belum? Nah, kalau memah belum ada yang tahu, simaklah ulasan berikut ini.

Sebenarnya kopi arabika adalah istilah umum yang di gunakan untuk menjelaskan cara pembuatan kopi di kebanyakan negara Arab di Timur Tengah. Ada banyak cara yang di gunakan dari berbagai daerah yang berbeda, masing – masing jelas mempunya ciri khas dan identitas, termasuk bagaimana cara biji kopi di panggang dan apa bumbu dan perasa yang di tambahkan di dalamnya.

Kopi arabika di siapkan dengan kompor yang di sebut dengan dallah, dituang ke dalam termos dan disajikan dalam gelas kecil yang di sebut dengan finjaan. Anda pasti akan terkejut saat mengetahui perbedaannya dengan kopi – kopi barat, karena memang kopi arabika mempunya khas tersendiri yang tak bisa di tandingi kopi – kopi barat, dan pastinya anda akan menjadikan kopi arabika sebagai minuman tetap di rumah anda. Silahkan baca artikel bagus mengenai green roses.

Untuk membuatnya, anda bisa membeli biji kopi yang sudah di panggang ataupun bubuk kopinya. Carilah biji kopi Arabika yang melalui proses pemanggangan yang ringan hingga menengah. Setelah itu anda harus menggilingnya, bisa di toko atau menggiling sendiri di rumah anda.

Anda bisa membuat gilingannya kasar, ataupun membuat bubuk yang sangat halus, buatlah yang sesuai dengan selera anda. Anda bisa membuatnya menggunakan dallah seperti orang – orang arab, tetapi kalau tidak ada anda bisa gunakan panci atau cezve dari turki. Panaskanlah air di dalamnya, dan beberapa saat kemudian anda bisa memasukan kopi ke dalamnya.

Seduhlah kopi dengan api kecil, jangan biarkan kopi tersebut mendidih karena akan membuatnya hangus. Jika sudah mendidih, angkatlah dallah atau panci dari kompor dan segera matikan kompor sebelum mengembalikan dallah ke kompor. Biarkan busa di atasnya hilang, setelah itu nyalakan lagi kompor hingga mendidih dan mengeluarkan busa untuk kedua kalinya.

Setelah itu angkat dan matikan kompor, biarkan selama 5 menit, bubuk kopi akan turun ke bawah. Setelah itu tuanglah kopi ke dalam termos sampai bubuk kopi tersebut terlihat. Anda juga dapat menuang kopi dengan menggunakan penyaring, yang akan menyaring bumbu dan sendimen kopi. Diamkan kopi selama 5 sampai 10 menit, kemudian sajikan.

Anda bisa menggunakan gelas kecil yang biasanya diisi tidak lebih dari setengahnya. Di sarankan untuk tidak menambahkan susu kedalamnya, karena memang kopi arabika tidak di sajikan dengan gula ataupun susu, carikan kawan untuknya seperti roti lapis, kurma dan lain – lain.

Dan untuk anda yang baru pertama kali mencobanya, juga harus memperhatikan cara dan aturan minumnya. Seperti ketika menuang kopi anda haruslah menggunakan tangan kanan, baik itu saat minum, menerima, ataupun memberi. Kalau tidak anda akan di anggap tidak sopan.

Dan seorang tamu biasanya akan menerima lebih dari satu gelas dan harus minum paling tidak 3 gelas biasanya dalam sebuah kunjungan. Dan jika ingin menyelesaikan setiap tahapnya, anda harus memutar gelas anda untuk memberitahu tuan rumah bahwa anda sudah siap untuk gelas berikutnya.

Nah, itulah dia sedikit ulasan tentang Kopi Arabika, yang ternyata mempunyai sejarah dan cara penyajiannya yang menarik. Semoga anda semua bisa dan berkempatan untuk mencobanya sendiri di rumah.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *