Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Nasi Tumpeng Sedap Gurih

Ingin mengetahui resep dan cara membuat nasi tumpeng yang lezat ? simak artikelnya dibawah ini.

 

Nasi tumpeng, atau yang biasa dikenal ‘tumpeng’ adalah salahsatu warisan budaya lama yang hingga saat ini masih dipercaya untuk dihadirkan pada perayaan baik yang sifatnya simbolis maupun ritual. Nasi tumpeng sendiri telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya pada saat memperingati moment dan peristiwa-peristiwa penting. Tempat dihadirkannya tumpeng ini pun di desa-desa maupun di kota-kota besar.

 

Bagi anda yang mau membuat nasi tumpeng untuk sajian untuk keluarga tercinta anda, anda dapat membuat nasi tumpeng komplit sederhana. Karena nasi tumpeng yang satu ini lumayan mudah untuk dibuat sendiri dari dapur rumah anda. Adapun cara penyajiannya dapat anda simak dalam resep cara membuat nasi tumpeng komplit sederhana berikut ini. Namun, bagi anda yang ingin cepat tanpa harus membuatnya, anda bisa memesan nasi tumpeng di nasi box jakarta .

Bahan-bahan yang Digunakan

  • 1 liter beras putih
  • 3 pcs daun jeruk
  • 100 gram beras ketan
  • garam secukupnya
  • 750 ml santan kelapa
  • 3 cm kunyit
  • 100 ml air matang
  • 1 batang serai
  • 1 sdm air jeruk nipis, peras
  • 2 pcs daun salam

Resep Pembuatan Nasi Tumpeng

  1. Pertama, anda harus menyiapka panci sedang atau besar, isi dengan santan kelapa, garam halus, daun jeruk, serai, air kunyit (dari campuran remasan daun jeruk, batang serai yang dimemarkan serta parutan kunyit dan 100 cc air yang diperas dan disaring) juga daun salam. Aduk terus hingga merata lalu masukkan beras yang telah dicuci bersih ke dalamnya. Rebus hingga mendidih dengan sesekali diaduk rata. Angkat setelah santan sedikit mengering.
  2. Kedua, setelah selesai direbus, selanjutnya ke tahap pematangan nasi dengan cara dikukus hingga 35 menit lamanya atau sampai matang sempurna. Kemudian angkat dan pindahkan nasi ke wadah bakul sambil sesekali di bolak balik supaya pulen dan tunggu sampai asapnya menghilang.
  3. Selanjutnya, tuangkan nasi ke dalam wadah kerucut atau kukusan yang sudah disiram dengan air panas sebelumnya. kemudian pindahkan nasi ke dalamnya sampai padat dan membentuk kerucut lalu angkat kukusan.
  4. Lengkapi sajian nasi tumpeng dengan ayam goreng, ikan goreng, lalapan, sayuran juga lauk pauk lainnya dan tentunya sambal goreng pedas agar lebih meriah.

Begitulah perkiraan cara dan resep penyajian nasi tumpeng, semoga bermanfaat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *