Press "Enter" to skip to content

Sekilas Tentang Hewan dan Klasifikasinya

Hewan disebut juga binatang adalah mahluk penghuni bumi selain tumbuhan dan manusia, adapun sebutan lain dari hewan yaitu satwa atau sering juga dinamkan fauna

Pengertian hewan didasarkan sekelompok mahluk hidup dari kerajaan animalia yang disebut jua metazoan, fauna, margasatwa atau menurut bahasa modernnya dapat diartikan sebagai mahluk yang punya banyak sel.

Terdapat berbagai macam jenis golongan dan spesies, ada yang memiliki bentuk sama tapi ras berbeda dan sebaliknya

Adapun hewan yang suka dipelihara disebut juga hewan peliharaan, berdasarkan fungsinya disebut hewan ternak jika hewan tersebut dijadikan ladang penghasilan dan jika hanya untuk dipelihara karena bentuknya yang unik disebut hias. Ada juga hewan peliharaan yang berasal dari hewan liar yang mempunyai sifat buas, namun dapat dijinakan seperti anjing.

Etimologi Hewan

Arti kata hewan berasal dari bahasa latin yaitu animalis artinya memiliki napas, menurut definisi biologis ditujukan pada semua makhluk yang ada dimuka bumi. Jika semua makhluk hidup yang bernapas adalah hewan apakah manusia termasuk? Jika definisinya demikian berarti iya. Tapi, yang membedakan manusia dan hewan adalah “akal”.

Cir-ciri hewan

Ciri dari hewan ini berbeda-beda tergantung pada jenis nya, ada hewan yang berkaki dua dan ada hewan yang berkaki empat, dan untuk jenis kelamin nya sama saja seperti manusia ada jantan dan ada betina, dan hewan ini ada yang menyusui dan ada yang tidak menyusui.

Hewan memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda tiap jenisnya. Berdasarkan kakinya ada hewan berkaki 2 seperti unggas dan ada hewan yang berkaki 4 seperti anjing, sapi, kerbau, harimau dan lainnya, ada juga hewan berkaki 6 seperti serangga, dan ada juga hewan yang berkaki lebih dari 6 seperti kelabang dll.

Alat pernapasan hewan bermacam-macam ada yang memakai insang serpti ikan, paru-paru, trakea, dan kulit, biasanya disesuaikan dengan habitat aslinya

Berdasarkan makanannya hewan terbagi 3 jenis yaitu omnivora, herbivora, dan karnivora. Omnivora adalah hewan pemakan segala termasuk daging dan tumbuhan. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Karnivora adalah hewan pemakan daging. Ada yang bisa menyebutkan contoh-contohnya?

Klasifikasi hewan 

  1. Tulang Belakang Hewan

Terdiri dari:  Invertebrata dan  Vertebrata

  1. Lapisan Tubuh Hewan

Terdiri dari: Triploblastik (ektoderma, endoderma, dan mesoderma), Diploblastik (endoderma dan ektoderma)

  1. Simetri Tubuh Hewan

Terdiri dari: Bilateral dan Radial

  1. Suhu Hewan

Terdiri dari: Poikiloterm ( Hewan berdarah dingin) dan Homoiterm (Hewan berdarah panas)

  1. Makanan Hewan

Terdiri dari: Omnivora yaitu Hewan pemakan segala, Insektivora yaitu hewan pemakan serangga, Herbivora yaitu hewan pemakan tumbuhan, dan Karivora yaitu hewan pemakan daging.

  1. Filum Hewan

Terdiri dari: Chordata, Porifera, Echinodermata, Cnidaria, Arthropoda, Platyhelminthes, Mollusca, Annelida, Nematoda.

Sekian sedikit pembahasan tentang hewan selengkapnya bisa dibaca di sumbernya

Sumber: Hewan.co

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.