Press "Enter" to skip to content

Beberapa Metode Perawatan Bayi Prematur Yang Biasanya Dilakukan

Bayi prematur merupakan bayi yang terlahir sebelum cukup bulan, kalau bayi normal lahir pada usia kandungan sekitar 9 bulan maka bayi prematur lahir di usia kandungan yang belum mencapai 9 bulan dan biasanya terjadi karena terdapat kelainan atau gangguan pada kandungan.

Kelahiran bayi biasanya didahului dengan pecahnya air ketuban, pada kasus bayi prematur tentu ketuban akan pecah lebih cepat. Ketuban yang pecah lebih cepat akan membuatnya rentan terinfeksi oleh kuman. Dan apabila hal ini dibiarkan terlalu lama bahkan sampai lebih dari 18 jam maka bisa menyebabkan bayi sesak nafas. Air ketuban yang pecah tersebut umumnya karena bayi dalam kandungan mengalami stress diakibatkan adanya infeksi.

harga inkubator bayi gea

Kelahiran prematur juga bisa disebabkan karena kontraksi yang dialami sang ibu. Bila kontraksi terjadi lebih awal tentu bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Bayi yang stress bisa menyebabkan katup mulut janin terbuka dan bisa berakibat terminumnya air ketuban oleh bayi serta mengalami sesak nafas.

Mungkin yang kita tahu bahwa bayi prematur mempunyai ukuran tubuh kecil dengan berat tidak mencapai 2,5 kg. Hal itu memang benar, namun bayi yang lahir secara normal pun bisa mengalami hal serupa yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti sang ibu yang punya penyakit jantung, merokok dan hal-hal lainnya.

Namun tetap saja antara bayi prematur dengan bayi normal pasti terdapat perbedaan, dimana secara fisik bayi prematur memiliki kulit yang tipis, garis-garis di telapak kaki tidak penuh serta apabila daun telinga ditekuk tidak mudah atau langsung kembali.

Selain itu bayi prematur juga biasanya memiliki suhu badan yang belum stabil dan mudah kedinginan. Untuk mengatasi hal tersebut maka ia harus menjalani perawatan di inkubator, dimana suhu dalam inkubator bisa diatur sesuai dengan keadaan bayi yang akan dirawat. Dengan menggunakan inkubator maka bisa menjaga suhu tubuhnya tetap stabil.

Jika suhu tubuh bayi sudah benar-benar stabil maka bisa dilanjutkan dengan perawatan metode kangguru oleh sang ibu. Dalam metode ini bayi memerlukan sentuhan kasih sayang serta kehangatan dari orangtuanya.

Saat ini alat inkubator bayi sudah tersedia hampir di semua rumah sakit dan klinik bersalin, yang memang khusus disediakan untuk menangani bayi-bayi yang terlahir prematur atau mengalami gangguan pada suhu tubuhnya. Diantara beberapa inkubator yang ada saat ini, ada inkubator merk Gea yang cukup populer dan banyak digunakan. Harga inkubator bayi gea sendiri bisa dibilang cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan klinik atau rumah sakit yang memerlukan. Untuk mendapatkannya bisa dengan mengunjungi toko atau distributor alat kesehatan yang jual inkubator bayi merk gea ini. Yang harus diperhatikan adalah pilih toko atau distributor resmi, terpercaya dan menyediakan garansi untuk barang yang dijualnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.