Press "Enter" to skip to content

6 Jenis Makanan yang Dapat Menghilangkan Bad Mood Anda

Jika saat ini anda merasa mood anda kurang baik dan kebetulan ingin menghilangkan bad mood tersebut, mungkin memakan makanan ini bisa bisa membantu meningkatkan kembali mood anda yang kacau balau. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan-makanan tersebut bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, hingga melawan depresi. Berikut adalah makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan mood anda.

Menghilangkan Bad Mood

Coklat

Ini mungkin bukan berita baru untuk anda, namun perlu anda ketahui juga bahwa sudah terdapat penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah benar coklat dapat membuat kita bahagia dan menghilangkan bad mood? Menurut penelitian yang dilakukan di Nestle Research Center di Swiss baru-baru ini menemukan bahwa memakan coklat hitam sebanyak 1,4 ons setiap harinya selama 2 minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol pada orang yang sangat tertekan. Para peneliti tersebut percaya bahwa dibalik semua itu karena terdapat antioksidan di dalamnya.

Karbohidrat

Sebelumnya banyak sekali orang yang mengira bahwa mengkonsumsi karbohidrat dapat menggemukan badan, dan ternyata tidak sama sekali, dan justru malah akan menghilangkan bad mood anda. Dalam sebuah penelitian yang terdapat dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat lebih rentan terserang depresi, kecemasan dan marah-marah daripada mereka yang diet rendah lemak. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa karbohidrat meningkatkan produksi serotonin, yaitu sebuah kimia di otak yang menghasilkan perasaan baik. Sebaliknya, diet rendah karbohidrat dapat memperburuk mood anda.

Ikan dan Kerang

Mengkonsumsi ikan seperti salmon, tuna, sarden, atau kerang dapat memberi anda omega-3, yaitu nutrisi yang dapat meningkatkan mood anda. Makanan jenis ini sangat penting karena nutrisi tersebut tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Omega-3 mengubah kimia otak yang berhubungan dengan mood, terutama dopamin dan serotonin.

Kunyit

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki efek antidepresan sebanding dengan antidepresan fluoxetine (Prozac) dan imipramin (Tofranil). Para peneliti percaya bahwa kunyit bekerja dengan mekanisme yang sama seperti Prozac, dimana membantu neutrotransmitter serotonin lebih tersedia untuk otak sehingga dapat memperbaiki mood.

Kelapa

Ketika anda stres, aroma kelapa dapat menumpulkan respon alami anda tersebut, dimana dapat memperlambat detak jantung anda. Dalam penelitian kecil yang dilakukan di Universitas Columbia menunjukkan bahwa orang-orang yang menghirup aroma kelapa terlihat tekanan darah mereka pulih lebih cepat setelah melakukan tugas yang menantang. Para peneliti berspekulasi bahwa menghirup aroma yang menyenangkan dapat meningkatkan kewaspadaan serta menenangkan kita dari respon terhadap stres.

Teh

Anda merasa mata lelah dan pusing? Menurut penelitian di dalam The Journal of Nutrition mengatakan bahwa meminum teh hitam, teh hijau atau oolong tea yang berkafein dapat memberikan efek kewaspadaan di dalam pikiran anda. Para peneliti percaya bahwa theanin, yaitu asam amino yang terdapat dalam teh dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan perhatian dan fokus. Untuk menuai keuntungan tersebut, anda bisa meminum 5 hingga 6 cangkir teh setiap harinya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *