Press "Enter" to skip to content

3 Gejala Utama Penyebab Biang Keringat Pada Anak

Terdapat 3 jenis miliaria digolongkan berdasarkan lokasi terjadinya sumbatan saluran keringat, yaitu miliaria kristalina, miliaria rubra, dan miliaria profunda. Jenis miliaria kristalina dan miliaria rubra bisa terjadi pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada usia anak dan balita. Sedangkan miliaria profunda lebih sering terjadi pada dewasa namun bisa diatasi dengan cara mengatasi jerawat secara intens.

1. Pada miliaria kristalina, sumbatan saluran keringat terletak di permukaan kulit yaitu di stratum korneum (lapisan kulit paling luar). Secara klinis tampak gelembung kecil berisi cairan jernih dengan ukuran 1-2 milimeter dan mudah pecah dengan penekanan. Jarang disertai peradangan dan biasanya tidak tidak menimbulkan keluhan (asimptomatis). Pada bayi sering dijumpai di kepala, leher dan tubuh bagian atas.

2. Pada miliaria rubra, sumbatan terletak lebih dalam dan secara klinis tampak bintil-bintil kemerahan dan gelembung kecil berisi cairan jernih dengan dasar kulit kemerahan. Berbeda dengan miliaria kristalina, miliaria rubra memberikan gejala yang sangat gatal dan perih. Pada bayi sering dijumpai di leher, lipat paha dan ketiak sedangkan pada dewasa timbul pada tempat-tempat yang mendapat tekanan atau bergesekan dengan pakaian.

3. Miliaria profunda agak jarang terjadi kecuali di daerah tropis. Miliaria jenis ini biasanya timbul setelah miliaria rubra yang terjadi berulang. Secara klinis tampak bintil-bintil berwarna putih, keras dengan ukuran 1-3 milimeter tanpa rasa gatal dan peradangan. Karena letak sumbatan keringat yang lebih dalam maka lebih banyak berupa bintil-bintil daripada gelembung berisi cairan.

Baca Juga : Obat Kolesterol Tinggi

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.