Press "Enter" to skip to content

Mengenal Fungsi Dan Beberapa Jenis Alat Spirometer

Sekarang ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan paru-paru tidak cukup hanya dengan foto x-ray saja, dibutuhkan data yang lebih kuantitatif untuk bisa menentukan kondisi kesehatan paru-paru pasien secara lebih mendetail. Salah satu cara untuk mendapatkan data yang lebih detail adalah dengan melakukan pemeriksaan memakai alat spirometer.

Spirometer merupakan sebuah alat kesehatan yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa volume udara yang ada di paru-paru seseorang. Jenis volume yang diukur adalah meliputi volume statik dan dinamik paru-paru, volume tidal, volume cadangan ekspirasi dan inspirasi, serta volume residu beserta kapasitasnya (kapasitas vital paksa dan maximum voluntary ventilation).

harga spirometer portable

Dengan dilakukannya pemeriksaan menggunakan spirometer maka akan bisa diketahui apakah fungsi paru-paru berjalan normal atau tidak serta bisa dideteksi kemungkinan adanya penyakit pada paru-paru dan saluran pernafasan. Hasil pengukuran dengan spirometer biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, hingga ras dan bentuk badan.

Spirometer umumnya banyak digunakan di laboratorium klinik dan rumah sakit untuk menangani pasien-pasien yang mengalami gangguan pada sistem pernafasannya. Dipasaran pun saat ini sudah banyak yang jual spirometer dalam berbagai jenis dan merk terutama di toko-toko alat kesehatan.

Dan salah satu jenis spirometer yang banyak dijual dan digunakan saat ini adalah jenis spirometer portable. Bentuknya yang simple dan sederhana serta cara penggunaannya yang mudah menjadi nilai lebih atau keunggulan yang dimiliki oleh spirometer portable ini. Selain itu harga spirometer portable juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga spirometer biasa. Dua komponen utama dari alat ini yaitu sensor spirometer dan mesin spirometer dibuat menyatu dalam satu genggaman. Dan hasil pemeriksaaannya pun bisa langsung dilihat pada display layar yang tersedia.

Yang termasuk dalam jenis spirometer portable diantaranya ada spirometer USB, didukung dengan layar LCD monokrom yang cukup lebar untuk menampilkan hasil pengukuran secara langsung, serta didukung dengan desain simple, praktis dan kompak interface yang sangat user friendly menjadikan alat ini sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya. Daya listrik yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, hanya sekitar 9 volt DC.

Spirometer portable juga sangat cocok dijadikan sebagai alat kesehatan pribadi, yang bisa digunakan di rumah atau dimanapun anda berada, karena alat ini memang bisa untuk dibawa kemana saja. Anda bisa membelinya di toko alat kesehatan terdekat di kota anda atau bila tidak ingin ribet dan pergi kemana-mana, anda bisa membelinya secara online melalui situs-situs online shop yang khusus menjual alat kesehatan, dengan harga spirometer portable yang cukup terjangkau. Nantinya setelah anda melakukan pemesanan dan pembayaran maka barang yang dipesan akan langsung dikirim ke alamat rumah yang anda berikan. Cukup simple dan mudah bukan?

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.