Press "Enter" to skip to content

Kesalahan Dalam Membuat Laporan Keuangan Ini Harus Anda Hindari

Sebuah sistem yang digunakan untuk mencatat laporan keuangan harus efektif dan mumpuni guna mengefiseinsikan waktu dan menyajikan laporan keuangan yang akurat.

Faktor-faktor yang menjadikan laporan keuangan Anda tidak seimbang harus dihindari agar tidak menjadi masalah besar di dalam perusahaan.

Tidak jarang perusahaan mengalami kebangkrutan karena membuat laporan keuangan yang sembarangan dan tidak memperhatikan kaidah penulisannya yang tepat.

Memang dampaknya akan menjadi fatal jika laporan keuangan dibuat seadanya saja dan tidak sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.

Kesalahan Dalam Membuat Laporan Keuangan Ini Harus Anda Hindari
Kesalahan Dalam Membuat Laporan Keuangan Ini Harus Anda Hindari

Berikut ini akan disajikan rangkuman kesalahan dalam membuat laporan keuangan dalam akuntansi yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis yang tentu saja harus segera dihindari.

  1. Menggabungkan akun pribadi dengan akun perusahaan
    Pemilik perusahaan yang masih tergolong baru biasanya tidak memisahkan penggunaan uang untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan perusahaan, terutama untuk memenuhi kebutuhan harian dan juga kebutuhan rumah tangga.

    Hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan hal negative bagi berjalannya bisnis perusahaan Anda, terutama uang yang seharusnya lebih banyak digunakan untuk investasi justru digunakan untuk kepentingan pribadi. Selain itu, hal tersebut akan menjadikan Anda kesulitan saat membuat laporan keuangannya dan melakukan auditing.

    Untuk itu, lebih baik memisahkan antara akun pribadi dan akun perusahaan agar dapat diketahui lebih jelas berapa keuntungan yang diperoleh dalam satu periodenya. Hal tersebut akan memudahkan bisnis Anda di kemudian hari.

  2. Tidak menyimpan nota dan kuitansi
    Kebiasaan untuk tidak menyimpan nota dan kuitansi sudah terlalu sering dilakukan oleh pelaku usaha. Terlebih lagi pikiran Anda fokus untuk mengurusi banyak hal, sehingga lupa untuk mengumpulkan bukti transaksi tersebut.

    Padahal nota dan kuitansi sangat bermanfaat sebagai lampiran yang valid jika terjadi kesalahan dalam membuat laporan keuangan dan dapat dijadikan bukti kuat jika terdapat komplain dari pelanggan mengenai barang yang dibelinya. Selain itu, nota dan kuitansi dapat melancarkan proses audit dan perpajakan.

  3. Menempatkan orang yang salah
    Karena katerbatasan tenaga yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengelola laporan keuangan, maka sang pemilik bisnis mulai berpikir untuk mencari karyawan untuk menangani masalah tersebut. Namun yang menjadi kesalahan disini adalah memilih orang yang tidak tepat seperti pegawai perusahaan yang bukan bagian akuntansi atau anggota keluarga sendiri.

    Orang-orang yang tidak kompeten dalam menyusun laporan keuangan akan kebingungan dan seringkali salah dalam mengambil keputusan. Hal tersebut akan menimbulkan masalah saat dilakukannya audit laporan keuangan.

    Namun, tidak hanya pegawai yang tidak tepat saja yang mengakibatkan laporan keuangan tidak akurat, aplikasi yang digunakan pun dapat mempengaruhinya. Oleh karena itu, Anda harus memilih aplikasi yang cocok dengan keadaan perusahaan Anda.

    Sangat direkomendasikan bagi perusahaan Anda untuk menggunakan aplikasi akuntansi excel yang dapat menyusun sendiri akun-akun yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

    Aplikasi akuntansi excel juga sangat mudah digunakan dan hampir semua orang sudah mengenal aplikasi ini, sehingga sudah lincah dalam mengoperasikannya.

    Untuk memudahkan Anda dalam menghitung jumlah uang, terdapat rumus otomatis yang bisa Anda pakai di dalam aplikasi akuntansi excel.

    Selain itu, ada satu lagi aplikasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Sleekr Accounting. Aplikasi ini begitu berbeda dengan aplikasi akuntansi lainnya, dimana Sleekr Accounting tersedia secara gratis, cara mengaksesnya cepat, dan data yang ditawarkan juga sangat akurat. Tentu kelebihan-kelebihan tersebut belum tentu Anda dapatkan pada aplikasi lainnya.

Untuk mempelajari semua yang berhubungan dengan akuntansi dan laporan keuangan, silahkan kunjungi Akuntansipedia.
Kesalahan-kesalahan tersebut memang harus segera disingkirkan dari perusahaan Anda agar tidak menimbulkan masalah yang berarti.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.