Press "Enter" to skip to content

Manfaat buah naga untuk bayi

Salah satu makanan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah buah-buahan. Buah terutama yang mengandung banyak serat dan vitamin sangat bagus dikonsumsi oleh bayi agar pencernaannya lancar dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh bayi yang telah mengenal makanan adalah buah naga.

Buah naga mengandung serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi organ penting. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin maka bayi akan tumbuh sehat, daya tahan tubuh meningkat dan tidak mudah sakit. Selain itu tekstur dagingnya yang lembut cocok bagi bayi yang belum memiliki gigi atau yang giginya baru mulai tumbuh.

Mengetahui manfaat sebelum mengkonsumsinya tentu merupakan langkah bijak yang dilakukan oleh orang tua. Beberapa manfaat buah naga untuk bayi antara lain:

1. Mengandung Zat Pokok

Buah naga mengandung zat pokok yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu karbohidrat dan protein. Kedua zat tersebut akan mempengaruhi ketahanan dan kekuatan sang bayi. Karena karbohidrat akan menyuplai energi sedangkan protein akan membantu dalam proses pertumbuhan.

2. Mengandung Berbagai Jenis Vitamin

Buah naga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B1, B2 dan B3 yang membantu proses metabolisme dan menjaga fungsi otak, merawat kesehatan kulit dan melancarkan peredaran darah.

3. Mengandung Mineral Penting

Beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi dan fosfor dapat kita temukan dalam buah naga. Kalsium dapat menguatkan tulang, sedangkan zat besi membantu proses pembentukan sel darah merah. Fosfor dapat mencegah kelelahan otot dan memelihara fungsi urinaria.

4. Mengandung Serat

Serat sangat dibutuhkan untuk menjaga agar proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan asupan serat, namun bayi atau anak kecil juga membutuhkannya. Salah satu sumber serat yang baik bagi bayi adalah buah naga.

5. Kandungan Air yang Cukup Tinggi

Buah naga juga mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Bayi sangat aktif bergerak sehingga dapat mengeluarkan keringat lebih banyak. Karena itu mengkonsumsi buah naga adalah pilihan yang tepat untuk bayi.

Demikian artikel manfaat buah naga untuk bayi. Dengan memilihkan asupan gizi yang tepat, maka tumbuh kembang baik akan berjalan dengan optimal. Bayi pun akan sehat dan aktif setiap harinya.

Sumber artikel : http://manfaatsehat.id/manfaat-buah-naga/

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.