Press "Enter" to skip to content

Cara Mengoptimalkan Database WordPress

Website yang menggunakan software CMS WordPress memiliki kecenderungan mulai melambat jika pemiliknya tidak mengoptimalkan database WordPress. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan database WordPress seperti dengan menonaktifkan dan membatasi revisi posting, menghapus revisi lama, dan mengetahui keterbatasan WordPress 100 halaman.

Menonaktifkan dan Membatasi Revisi Posting WordPress

WordPress membuat banyak sekali revisi ketika kamu menulis. Jika kamu tidak hati-hati, maka kamu akan membanjiri database dengan ribuan revisi yang sangat tidak diperlukan. Untuk mengoptimal database WordPress, kamu bisa menonaktifkan revisi dan juga membatasi jumlah revisi.

Menonatifkan Revisi WordPress

Untuk menonaktifkan revisi di WordPress kamu perlu untuk menambahkan kode dibawah ini ke file wp-config.php. Dengan menambahkan kode ini akan menganti interval autosave dari 60 detik menjadi 5 menit dan kemudian menonaktifkan revisi postingan.

define('AUTOSAVE_INTERVAL', 300); // seconds
define('WP_POST_REVISIONS', false);

Atau kamu bisa menggunakan plugin yang bernama Disbale Post Revision, yang dapat melakukan kode diatas tanpa harus memodifikasi kode.

Membatasi Jumlah Revisi WordPress

Jika kamu tidak ingin menonaktifkan revisi, kamu bisa membatasi jumlah revisi. Untuk membatasi jumlah revisi di WordPress bisa menambahkan kode dibawah ke dalam file wp-config.php. Kode ini akan mengubah autosafe interval dari 60 detik ke 5 menit dan membatasi jumlah revisi posting menjadi 3. Kmua bisa mengganti jumlah revisi maksimal sesuai dengan yang kamu inginkan.

define('AUTOSAVE_INTERVAL', 300); // seconds
define('WP_POST_REVISIONS', 3);

Menghapus Revisi Lama Dari Database WordPress

Setelah menonaktifkan atau membatasi revisi postingan di WordPress, kamu juga harus membersihkannya dengan menghapus revisi lama yang ada di dalam database. Saya menyarankan untuk menggunakan plugin WordPress yang bernama WP-Optimize.

Dengan plugin ini, kamu dapat membersihkan semua revisi postingan, membersihkan auto draft post, menghapus komen spam, menolak comment, dan lainnya. Serta diversi terbaru, kamu bisa mengaktifkan auto-cleanup, untuk melakukan bersih-bersih secara otomatis.

Hati-Hati Dengan Batasan WordPress 100 Halaman

Ketika berencana membangun website dengan menggunakan CMS WordPress, satu hal yang harus diingat adalah WordPress tidak mendukung lebih dari 300 halaman. Kamu akan mengalami masalah seperti memori dan kamu akan berasa sistem menjadi lambat pada backend. Hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja pada front end.

Solusinya, kamu bisa mulai menggunakan custom post types. Kamu bisa menggunakan plugin gratis seperti Post Type Switcher jika kamu ingin menganti banyak halaman menjadi custom post type.

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.