Press "Enter" to skip to content

Suzuki Ertiga Facelift 2015 Menampakkan Wujudnya Di India

suzuki-ertiga-facelift

Sejak pertama kali dihadirkan di bumi nusantara pada bulan April 2012 lalu, Suzuki Indomobil Sales memang belum pernah sekalipun melakukan penyegaran pada mobil keluarga kebanggaannya tersebut. Yang mereka lakukan selama ini barulah sebatas menghadirkan variant terbaru sesuai kenginan dan kebutuhan para konsumennya di tanah air.

Beberapa model yang lahir atas dasar pertimbangan kebutuhan dan keinginan customernya itu diantaranya adalah variant dengan dua buah penyejuk udara dilansir pada bulan Januari 2013 disusul oleh variant bertransmisi matic dibulan Maret tahun itu juga. Sedangkan untuk para konsumen dari kalangan generasi muda yang menginginkan tampilan lebih dinamis pada tunggangan kesayangan mereka, SIS juga meluncurkan model khusus bernama Ertiga Sporty tanggal 19 Februari 2014 untuk menemani versi mewah dan luxury dari low MPV ini yaitu Ertiga Elegant yang telah terlebih dahulu diluncurkan.

Kabar kehadiran variant facelifter dari Ertiga sebenarnya berhembus dari negara kelahiran MPV ini yaitu India. Media otomotif ternama di negeri Bolywood itu telah marak mengabarkan tentang foto yang diduga akan menjadi generasi terbaru dari sang real three row Suzuki tersebut. Memang sejak akhir tahun lalu, sosok kendaraan yang menyerupai mobil besutan Maruti Suzuki India Ltd tersebut tampak tertangkap lensa kamera sedang melakukan uji coba disejumlah jalan protokol disana tanpa balutan kamuflase sedikitpun.

Dari snapshot foto mobil Suzuki Ertiga facelift yang beredar tersebut terlihat sejumlah perubahan pada bagian eksterior seperti front grill terdiri dari dua bilah krom dan sedikit lebih renggang dibanding variant saat ini, aksentuasi chrome juga nampak tegas terdapat pada bezel lampu kabut disisi kiri dan kanan bumper depan, sementara air intake ditengah bumper dibuat lebih ramping dan terkesan futuristik.

Memang belum ada konfirmasi resmi baik dari Maruti selaku perusahaan pengembang mobil MPV Suzuki ini, namun demikian masyarakat India percaya bila Ertiga facelift akan menjadi bagian dari produk terbaru MSIL di tahun 2015 ini.

Persaingan Low MPV Kian Ketat Di Tahun 2015

Suzuki Indomobil sales sebagai perusahaan perwakilan dari manufaktur asal Jepang itu di tanah air belum mau berspekulasi seputar kabar yang sedang berhembus di India tersebut. menurut salah satu petingginya, Davy J Tulian, SIS memang berencana menghadirkan beberapa produk anyar di tahun 2015 baik itu model yang benar benar baru maupun sekedar bentuk perubahan ringan / minor change dari model sebelumnya namun mereka belum memastikan detail tentang produk dimaksud seperti dituturkan oleh hargasuzuki.

Sebenarnya Suzuki memiliki cukup banyak amunisi yang dapat dipertimbangkan untuk dihadirkan di tanah air. Diantaranya adalah Suzuki Grand Vitara 2015 yang kini berubah wujud menjadi crossover, New SX4 S-Cross maupun duo kei car Celerio dan Hustler yang pernah memukau publik tanah air kala dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show bulan September 2014 lalu.

Namun masyarakat nampaknya lebih tertarik dengan kehadiran Ertiga facelift, pasalnya pasar low MPV tempat mobil ini bermain masih menjadi segmentasi paling menggiurkan untuk diperebutkan dimana market sharenya mencapai lebih dari 40 persen. Bahkan ditahun 2015, peta persaingan diprediksi akan semakin ketat karena sejumlah manufaktur telah menyatakan kesiapannya mendatangkan variant anyar mereka dikelas mobil keluarga murah itu.

Tentunya kehadiran mobil Ertiga type terbaru dapat mendukung ambisi SIS mempertahankan pasar mereka disegmen kendaraan keluarga serbaguna. Terlebih APM ini membuka tahun baru dengan menaikan daftar harga mobil Suzuki 2015 yang disebabkan beberapa faktor eksternal diantaranya kenaikan suku bunga, bea masuk dan pajak kendaraan disejumlah daer