Press "Enter" to skip to content

3 Tips Menyiasati Harga Hewan Kurban yang Terus Melambung Setiap Tahunnya

Kambing merupakan jenis hewan ternak yang kerap dijadikan pilihan umat muslim untuk berkurban, sehingga bisa dijadikan pertimbangan. Beberapa minggu mendekati lebaran haji atau Idul Adha biasanya penjual hewan kurban semakin menjamur. Tentunya hewan yang dijual sudah memenuhi kriteria sebagai hewan kurban yakni merupakan hewan ternak berkaki empat. Penyembelihan hewan kurban tidak hanya dilakukan umat muslim di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Setiap negara memiliki pilihan hewan kurbannya sendiri, yang tentunya sesuai dengan kondisi setempat.

 

Menyiasati Harga Hewan Kurban yang Terus Naik

 

Kalau diperhatikan dengan seksama memang harga hewan kurban setiap tahunya mengalami peningkatan. Bagi umat muslim yang sudah ingin berkurban tentu perlu menyiasati kondisi yang sudah bisa dipastikan ini, dan berikut tips-tipsnya:

 

  • Menabung jauh-jauh hari,

Mengingat harga hewan kurban yang tidak pernah turun, malah melonjak menjelang Idul Adha maka dianjurkan sudah siap menabung jauh-jauh hari. Beberapa orang sudah mulai menabung di tahun sebelumnya supaya tahun ini tabungan cukup untuk membeli hewan kurban, minimal satu ekor kambing. Kalau punya waktu lebih untuk menabung maka akan lebih mudah berkurban di tahun ini.

 

  • Menyiapkan budget berkurban lebih tinggi,

Ada baiknya tidak mengintip harga hewan kurban tahun ini untuk menentukan budget menabung. Sebab dijamin di tahun berikutnya harga hewan kurban sudah mengalami pergeseran, yakni lebih mahal. Maka dianjurkan untuk menyusun budget berkurban lebih tinggi dibanding tahun ini. Misalnya saja tahun ini harga kambing sekitar Rp 2.5 juta, maka minimal tabungan untuk Idul Adha tahun besok adalah Rp 3 juta. Mulailah menyiasati pergeseran harga ini secara cerdik supaya perkiraan harga hewan kurban tidak meleset.

 

  • Cermat dalam memilih jenis hewan kurban,

Hewan kurban yang lumrah ditemukan di Indonesia ada beberapa namun mayoritas menyembelih kambing maupun sapi. Diantara kedua pilihan mayoritas ini, baiknya tentukan mana yang hendak dijadikan hewan kurban tahun ini sejak tahun lalu. Pemilihan yang jelas sejak awal membantu menabung budget membeli hewan kurban tersebut. Jika memang berencana membeli kambing maka masa setahun dirasa cukup, namun bisa pula menabung selama 2 tahun. Kalau untuk sapi tentu lebih lama mengingat harganya sendiri sudah menyentuh angka belasan juta.

 

Hewan kurban memang jenisnya cukup banyak, kalau memang di tahun ini berencana berkurban maka pilih yang memang sesuai dengan jangkauan. Namun jika memang berencana berkurban hewan terbaik kemudian memilih sapi atau kerbau maka siapkan beberapa tahun sebelumnya. Menabung perlahan untuk berkurban memang dianjurkan sebagaimana jika ingin menunaikan ibadah Haji. Anda bisa mulai sekarang supaya bisa berkurban secepatnya usai tabungan terkumpul. Kunjungi situs Https://www.globalqurban.com/id/news/article/harga-kambing-kurban-yang-selalu-meningkat-setiap-tahunnyauntuk mengetahui kisaran harga kambing dan hewan kurban lainnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.