Press "Enter" to skip to content

Kosta Rika Buka Kantor Kedutaan Besar di Jakarta

Perlengkapan Kantor – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, terima kunjungan Menlu Kosta Rika, Manuel González Sanz. Dalam pertemuan itu, keduanya mengulas beberapa hal, termasuk juga dibukanya kedutaan besar negara tersebut di Jakarta.

” Pastinya pembukaan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta ini juga akan memfasilitasi penambahan kerja sama Indonesia dengan Kosta Rika di beberapa bagian serta makin menyatakan reputasi Jakarta jadi diplomatic capital of ASEAN, ” tutur Menlu Retno di Gedung Pancasila, Kemenlu, Minggu (3/9/2017).

Dalam peluang itu, Menlu Sanz mengatakan rasa terima kasihnya pada pemerintah serta orang-orang Indonesia atas dibukanya Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta. Harga Kertas HVS

” Aku terasa begitu terhormat serta suka bisa ada disini, dalam rencana buka Kedutaan Besar Kosta Rika di negara yang indah ini, ” tutur Sanz pada mass media, selesai lakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno.

Sanz memberikan, dibukanya Kedubes Kosta Rika di Jakarta bertepatan dengan peringatan 32 th. hubungan ke-2 negara.

Menurut Sanz, gagasan pembukaan kedubes itu telah ada mulai sejak 2015, ketika Retno bertandang ke San Jose, ibu kota Kosta Rika. Ia sangat suka kalau negaranya ” ada dengan fisik ” di Jakarta.

Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta, jadi perwakilan diplomatik ke-104 serta adalah perwakilan ke-12 negara Amerika Latin di Indonesia.

Dalam pertemuan bilateral itu, Indonesia juga mengemukakan pengharagaan yang tinggi atas support Kosta Rika pada pencalonan Indonesia di DK PPBB 2019-2020.

5 Hal yang Dibicarakan dalam Pertemuan Bilateral RI-Kosta Rika

Terkecuali mengulas masalah pembukaan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta, Menlu Retno serta Sanz mengulas lima hal dalam pertemuan bilateral, yaitu :

1. Perdagangan

Menlu Retno mengaku kalau volume perdagangan pada Indonesia serta Kosta Rika masih tetap belum juga demikian tinggi. Tetapi, ada trend kenaikan yang begitu mengagumkan, menyebabkan ke-2 negara untuk selalu tingkatkan perdagangan.

Pada mass media, Menlu Retno menyebutkan kalau perdagangan ke-2 negara di th. 2016 bertambah 97 % dari perdagangan di th. 2015. Itu yaitu angka perdagangan teratas sepanjang lima th. paling akhir antar ke-2 negara.

2. Pendidikan

Indonesia serta Kosta Rika juga menyimpan perhatian dalam bagian pendidikan antar ke-2 negara. Hal tersebut diperlihatkan dengan melalukan penambahan pertukaran pelajar.

Diluar itu, Indonesia juga memberi beasiswa pada pemuda Kosta Rika. Paling tidak, sekarang ini telah ada delapan pemuda Kosta rika yang memakai beasiswa itu.

3. Energi

Menlu Retno mengatakan kalau bagian daya jadi hal yang begitu mungkin untuk dijalin kerja samanya. Pasalnya, Kosta Rika begitu di kenal jadi negara yang memakai daya paling barukan.

Sejumlah 99 % daya di Kosta Rika memakai daya paling barukan, salah satunya memakai daya air serta panas bumi.

4. Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur jadi satu diantara hal yang selalu dikerjakan Kosta Rika, termasuk juga di dalamnya pengembangan jaringan kereta. Atas hal itu, Indonesia tawarkan product PT INKA pada Kosta Rika.

5. Manajemen Resiko Bencana

Menlu Retno mengatakan kalau Indonesia serta Kosta Rika jadi negara yang keduanya sama mempunyai resiko yang banyak terhadapa bencana alam. Atas basic itu, keduanya setuju untuk tingkatkan kerja sama didalam manajemen resiko bencana.

Indonesia juga mengundang wakil dari Kosta Rika dalam international workshop untuk manajemen resiko bencana yang juga akan dikerjakan pada 2018. Alat tulis kantor

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *