Press "Enter" to skip to content

Cara Setting Custom White Balance

Kadangkala ketika kita sedang memotret dengan auto white balance di dalam ruangan dengan sistem pencahayaan yang cukup kompleks, kita akan mendapatkan temperatur cahaya yang kurang akurat. Menurut sewa kamera Jogja murah, untuk mengatasi hal tersebut maka kita perlu sekali untuk mengetahui cara setting custom white balance sebab hal seperti ini pun bisa saja terjadi saat kita mengabadikan momen di luar ruangan. Penggunaan custom white balance ini tak lain untuk memastikan akurasi white balance pada kamera yang digunakan.

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara setting custom white balance yang benar? Sebelum melakukan pengaturan kawan-kawan terlebih dahulu harus menyiapkan kertas putih atau obyek lain yang memiliki warna putih, bisa tembok atau baju. Jika sulit menemukan obyek berwarna putih, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan benda lain yang memiliki warna abu-abu.

Menurut sewa mirrorless Jogja, letakkan obyek tersebut ditempat yang akan digunakan untuk memotret dan pastikan jika obyek itu mendapatkan cahaya yang kompleks. Tempatkan obyek di depan kamera sehingga bisa mengisi seluruh frame foto.

Pilih opsi manual fokus dan lanjutkan dengan mengambil metering. Pastikan jika fokusnya dalam keadaan netral alias tidak under maupun over dan potretlah obyek tersebut dengan kamera.

Cara setting custom white balance yang selanjutnya jika kamu menggunakan kamera Canon seperti tipe Canon 60D adalah dengan menekan tombol menu. Pakailah Main Dial untuk beralih ke tab kedua Shooting Menu. Pilih Quick Control Dial dan gulir ke bawah pada opsi Custom White Balance, lalu tekan tombol Set.

Gunakan lagi Quick Control Dial dan pilih foto yang baru saja diambil. Kemudian tekan tombol Set dan pilih OK.

Sementara itu, jika kamu ingin melakukan cara setting custom white balance dengan kamera Nikon seperti Nikon 3100D, kamu hanya perlu memilih preset manual dari menu White Balance. Lanjutkan dengan memilih opsi Use Photo dan foto yang sudah dipilih akan ditampilkan. Pilih opsi select image. Akhiri dengan menekan opsi OK jika kawan-kawan ingin memakai foto tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tribes WordPress Theme by Compete Themes.